Sunday, February 14, 2016

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dari Nol

Langkah - Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja - Pada postingan sebelumnya saya telah membahas 4 Hal Penting Tentang Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Oleh Perusahaan, dimana disana dijelaskan hal penting dari setiap isi dalam surat Lamaran Kerja.

Di karenakan ada beberapa pengunjung yang masih bingung dengan cara membuat surat lamaran kerja dari awal.

Oleh karena itu, saya akan memaparkan tentang Cara membuat surat lamaran kerja secara rinci beserta gambar di kesempatan ini.

Langsung saja,...

Langkah - Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja


Langkah - Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja


Sebelum ke langkahnya, surat lamaran kerja ada 2 jenisnya yaitu surat kerja tulis tangan dan ketik, namun pada dasarnya keduanya memiliki langkah yang sama.

well, kita langsung menuju cara membuat surat lamaran kerja dengan baik. Di simak baik - baik ya!


Pertama : Bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat surat lamaran kerja yang pastinya kertas HVS A4 80 gram apabila itu jenis surat lamaran kerja yang di ketik.

namun....

Apabila membuat surat lamaran kerja yang di tulis bahan yang di perlukan adalah kertas Folio dan pastinya Balpoin atau Pulpen. (Gunakan Balpoin Warna Hitam)


Kedua : Langkah Pengetikan atau Penulisan


Dalam pembuatan surat lamaran kerja harus sesuai dengan aturan yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya.

Jika belum baca , bisa baca terlebih dahulu 4 Hal Penting Tentang Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Oleh Perusahaan.

berikut langkah penulisannya :

Penempatan tanggal dan tujuan


Penempatan tanggal dan tujuan pada surat lamaran kerja
Di bagian sudut atas sebelah kanan adalah tanggal pembuatan surat lamaran kerja kapan surat lamaran kerja tersebut dibuat. Posisi penulisannya bisa di lihat di gambar.

Selanjutnya,....

Penempatan alamat pada surat lamaran kerja

Alamat PT atau Perusahaan beserta alamat yang akan dikirimi surat lamaran kerja. Bisa di tambahkan juga kode posnya. 

Catatan:
Ada juga yang bilang dari teman saya yang sudah kerja di sebuah perusahaan, nama dari tujuan perusahaan itu bisa di tulis dengan (Kepada Yth : Personlia Perusahaan).

 Selanjutnya,  paragraph pembukaan


paragraph pembukaan pada surat lamaran kerja

Pada contoh gambar diatas bisa dilihat pada alinea pertama, kamu bisa memuat ulasan tentang profil dan hal-hal yang terkait tentang perusahaan secara singkat . Itu sebagai bukti jika si pelamar tau benar tentang perusahaan yang akan dilamarnya itu, juga sebagai bukti keseriusan si pelamar untuk kerja disana.

Kamu dapat mencari info tentang perusahaan yang akan kamu masukan lamaran kerja di situs perusahaannya atau bisa cari di mesin telusur google.

Pada alinea selanjutnya tulis tentang informasi dimana kamu mendapatkan info lowongan kerja dan menjelaskan secara singkat keinginan kamu kerja disana. Contohnya :

  • Jika saya kerja di perusahaan tersebut adalah kesempatan karir terbaik bagi saya
  • Jika saya kerja di perusahaan tersebut adalah salah satu mimpi saya
  • Jika saya kerja di perusahaan tersebut adalah menjadi suatu kehormatan bagi saya.

atau masih banyak lagi kalimat-kalimat lainnya yang mampu membuat perusahaan yakin akan keseriusan si pelamar dalam pelamarannya.

Selanjutnya, Ke Bagian Biodata


Penulisan Biodata pada surat lamaran kerja

Di biodata diisi hanya nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin dan pendidikan terakhir si pelamar atau bisa juga di tambahkan status si pelamar itu sendiri.

Kamu bisa isi dengan lajang, menikah, duda, janda atau gadis rasa janda hehee ~ (itu cuman sebatas selingan)

Perlu diingat jangan terlalu banyak penambahan biodata apalagi sampai memasukan hobi atau makanan favorit kamu. cukup seperti pada contoh gambar di atas.


Next, ke bagian penjelasan skill, kondisi, pengalaman dan prestasi



penjelasan skill, kondisi, pengalaman dan prestasi pada surat lamaran kerja

Di alinea pertama pada pargraph setelah biodata isinya sebagai penggambaran pengalaman dan skill si pelamar.

Namun apabila si pelamar belum memiliki pengalaman kerja, bisa diberi penjelasan seperti fresh graduate dengan mencantukan nilai ipk atau jika lulusan SMA bisa isi dengan nilai rata - rata ujian nasional.

Isi juga kondisi dan kesiapan untuk bekerja

Selanjutnya, isi dengan skill atau kemahiran kamu yang mendukung pada posisi atau bidang yang di butuhkan perusahaan yang di lamar.

Setelah itu, bisa tambahkan penguat skill atau kemahiran si pelamar namun perlu di ingat prestasi yang terakui pemerintah atau instansi dengan itu lampirkan fotokopi sertifikat atau piagamnya.

Kamu juga bisa memberikan penjelasan tentang seminar yang pernah kamu ikuti, tapi harus sesuai dengan bidang atau posisi yang di butuhkan perusahaan yang kamu lamar.

Dan terakhir pada alinea paraghraph ini, cantumkan juga kontak yang bisa di hubungi seperti No Tlp atau HP dan Email kamu.


Next Ke Bagian Pemberitahuan Lampiran


Lampiran pada surat lamaran kerja

Disini banyak sekali yang bingung bagi yang baru bikin surat lamaran kerja. Apa saja sih yang harus di lampirkan pada surat lamaran kerja?

Kamu bisa lihat pelampiran pada gambar diatas yang di perlukan adalah :

  1. Pas foto terakhir kamu, biasanya mencantumkan 2 jenis foto dengan ukuran 3 x 4 *2 lembar dan ukuran foto 4 R  seluruh badan keliatan atau sering di sebut Full Body.
  2. Fotokopi KTP kamu
  3. Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup kamu. Jika kamu belum tau apa itu Curriculum Vitae? kamu bisa lihat pengertian dan contohnya di  http://winarti135.blogspot.co.id/. Atau kamu juga bisa membeli di toko buku terdekat.
  4. Fotokopi ijasah, namun jika kamu belum mendapat ijasah karena masih dalam proses, kamu bisa mencantumkan dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan dijelaskan juga secara singkat alasannya.
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Kamu bisa dapatkan di kantor polres kota atau kabupaten kamu. Contohnya kamu bisa lihat disini
  6. Surat Keterangan Sehat, bisa di dapatkan dengan kamu check up ke dokter atau rumah sakit dan meminta suratnya tersebut. Contohnya bisa lihat disini
  7. Fotocopy sertifikat atau piagam yang mana berdasarkan penghargaan sebagai penguat atau catatan kongkrit atas penghargaan yang pernah kamu dapatkan.

Next, ke bagian penutup


penutup pada surat lamaran kerja

Pada paragraph penutup sama saja dengan penutup surat - surat lain namun si pelamar jelaskan bahwa isi dari surat lamaran kerja yang di buat itu bisa di pertanggung jwabkan dan di buat dengan sebenar - benarnya.

Terus, cantumkan tanda tangan seperti contoh gambar di atas. Dan akhirnya selesai juga langkah - langkah pembuatan surat lamaran kerja.

Tapi ada satu hal lagi sebelum mengirim atau memasukan surat lamaran kerja ke perusahaan, kamu harus membungkusnya dengan amplop kancing atau amplop coklat yang gede atau apalah namanya pokonya yang jenisnya yang GEDE hehe~.

Jika masih belum tahu jenis amplopnya bagaimana, bisa lihat disini

Untuk kerangka penulisan pada amplop kancing yang benar dan di sarankan bisa lihat gambar di bawah sebagai contohnya.

Jenis amplop untuk surat lamaran kerja


Nah itulah cara membuat surat lamaran kerja dari nol yang pastinya dapat menarik perhatian dari HRD perusahaan.

Sudah jelaskan kan?

Jika masih belum jelas kebangetan pisan! perasaan mah udah rinci banget soalnya hehe~.

Namun jika masih ada kata atau kalimat yang susah dipahami pada postingan ini atau ada yang perlu di tambahkan bisa berkomentar di bawah ya guys!

Sekian, Semoga cepat dapat kerjaan yang sesuai dan di inginkan. Amin!

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dari Nol
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Facebook Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>