Thursday, February 11, 2016

Mau Hidupmu Lebih Baik? Jadikanlah 8 Hal ini Kebiasaanmu Di Pagi Hari

Didalam kehidupan anda pasti mempunyai rutinitas yang biasa di lakukan dari mulai bangun tidur seperti pergi mengantarkan anak sekolah, mengerjakan pekerjaan ibu rumah tangga atau pergi bekerja untuk menghidupi keluarga atau untuk mencari sesuap nasi.

Pada saat pagi hari adalah waktu penentu kehidupan manusia bermulai, bahkan saya pernah dengar bahwa pagi hari adalah penentu Mood seseorang dalam menjalani kesehariannya, dia akan sedih atau senang tergantung apa yang di mulai pada saat pagi harinya itu.

ayam berkokok di pagi hari

Saat ayam berkokok di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk Move on dan memperbaiki kualitas hidup kita dari hari sebelumnya. Saya percaya apabila hidup kita tidak lebih baik dari kemarin, kita menjadi orang yang rugi. 

Kenapa rugi? Karena kita tidak pernah tau apakah masih ada hari Esok buat memperbaiki hari kemarin!

Jika Anda tidak memiliki tujuan atau goals untuk meningkatkan kehidupan personal Anda , Waktu anda akan tersita secara cuma - cuma dan sia - sia. Jadikanlah waktu anda sebaik mungkin dan sehebat mungkin.

Sebelum anda tahu, alangkah baiknya anda menuliskan cita - cita pada setiap pagi hari anda sebagai pengingat bahwa anda mempunyai target dalam hidup.

Seperti kutipan dari Harold Hill,
“You pile up enough tomorrows, and you’ll find you are left with nothing but a lot of empty yesterdays.” 

 8 Hal Di Pagi Hari yang Membuat Hidup Anda Menjadi Lebih Baik

8 Hal Di Pagi Hari yang Membuat Hidup Anda Menjadi Lebih Baik

Pada artikel ini menjelaskan secara sederhana tentang bagaimana mengubah hidupmu menjadi lebih baik dan menjadi seseorang yang tidak merugi. Untuk mempraktekannya pun tidak begitu sulit hanya saja membuang kebiasaan buruk anda di pagi hari menjadi kebiasaan yang baik. 

Butuh waktu? Ya memang butuh waktu untuk merubah kebiasaan apalagi kebiasaan yang sudah lama sekali. Tetapi apabila ada kemauan disitu ada jalan. 

Karena anda adalah pelukis bagi kehidupan anda.

Anda harus memutuskan perubahan yang positif pada diri anda yang menjadikan hari demi hari anda menuju lebih baik.

Dengan 8 hal ini dengan menjadikannya kebiasaan anda di pagi hari. Saya yakin hidup anda akan berubah lebih baik dengan cepat dan menjadi pribadi yang penuh kebahagiaan dan ketenangan.


1. Tidur yang Berkualitas  

Bagaimana tidur yang berkualitas itu?

Menurut para ahli kesehatan tidur yang berkualitas itu adalah tidak lebih dari 8 Jam dan tidak kurang dari 7 Jam perhari yaitu dari jam 09.00 malam atau paling telat jam 10.00 malam waktu yang di anjur untuk tidur dan bangun pada sekitar jam 04.30 atau paling telat Jam 05.00 pagi hari .

Tidur yang Berkualitas di Pagi Hari

Di kutip dari The National Sleep Foundation (NSF) yang telah melakukan survei pada 40 juta orang Amerika terkait tidur yang berkualitas dikatakan bahwa tidur yang berkualitas dapat membuat kita sehat, Seperti:
  • Meningkatkan daya ingat
  • Memperpanjang Umur
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Meningkatkan Kekeratifan
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Menurunkan berat badan dan menjadi fit
  • Menurunkan kadar stres
  • Mengurangi ketergantungan pada stimulan seperti kafein dan nikotin
  • Mengurangi gangguan otak dan masih banyak lagi keuntungan dari tidur berkualitas.


2. Mandi Dengan Air Dingin 

Pada saat pagi hari ketika anda bangun dari tempat tidur anda, segeralah anda mandi dengan air dingin tapi ingat dingin disini bukan air ES tapi air yang emang langsung dari keran kamar mandi anda bukan air yang dimasak hehee ~.

Penggunaan air dingin di pagi hari untuk mandi atau sekedar merendamkan anggota tubuh anda selama 20 detik dapat memperbaiki mental dan fisik anda secara baik.

Apabila terus digunakan secara teratur setiap pagi hari akan memberikan efek jangka panjang yang baik bagi tubuh anda seperti sistem kekebalan dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh anda. Dengan otomatis itu dapat meningkatkan kualitas hidup anda.

Mandi Di Pagi Hari

Satu hal keuntungan mandi di pagi hari adalah mampu menurunkan berat badan anda secara berkala karena adanya peningkatan metabolisme tubuh. Cocok buat yang obesitas atau kelebihan berat badan untuk menerapkannya di rutinitas pagi anda.

Sebuah penelitian pada Tahun 2007, menemukan bahwa penggunaan rutin air dingin di pagi hari dapat membantu memperbaiki gejala despresi (Depression Symptoms) dibandingkan dengan menggunaan alat medis.

Hal tersebut dibenarkan bahwa air dingin di pagi hari memicu gelombang zat kimia di saraf  yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

Maka dari itu jadikanlah mandi di pagi hari sebagai rutinitas anda di pagi hari agar kesehatan anda membaik.

3. Berdoa, Beribadah atau Meditasi

Sesudah anda bangun dan mandi di pagi hari. Beribadah atau Meditasi adalah hal yang sangat krusial untuk merubah diri anda menjadi pribadi yang positif dan apa yang anda fokuskan akan berkembang.

Meditasi Di Pagi Hari

Beribadah atau meditasi adalah hal yang intens sebagai rasa syukur kepada yang Maha Pencipta atas nikmat berlimpah dan kesempatan hidup yang anda dapatkan.

Ketika anda sudah memiliki rasa syukur tentang apa yang anda dapatkan, anda akan menjadi pribadi yang sangat positif dan lebih baik dari sebelumnya.

Beribadah atau meditasi adalah hal yang sangat penting untuk menuju kesuksesan, sebagaimana orang barat sering menyebutnya "Grtatitude is the mother of all virtues" yang dapat kita artikan bahwa rasa syukur adalah hal utama dari semua kebajikan sehingga membuat diri anda selalu positif menghadapi hari - hari.

Jika di setiap pagi hari anda menjadikan rasa syukur sebagai rutinitas penting anda. Anda akan menjadi seseorang yang dapat membuat dunia ada dibawah kendali anda.

4. Aktivitas Fisik

Mengacu pada sebuah pusat penelitian ternama di Amerika terkait melakukan aktivitas fisik di pagi hari Center for Disease Control’s National Health Interview Survey menghasil sebuah  riset bahwa melakukan akivitas fisik di pagi hari selain mampu membuat anda sehat, ternyata juga dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan lebih productive.

Aktivitas Fisik Di Pagi Hari

Mengacu pada penelitian di atas aktivitas fisik disana adalah sebuah olahraga yang tidak terlalu berat seperti lari kecil mengelilingi komplek lingkungan anda atau senam ringan.

Pelatihan seperti olahraga ringan di pagi hari dapat mengurangi tingkat depresi, rasa gelisah dan stress. Dan satu hal lagi aktivitas fisik juga mampu menjadi kunci sukses anda.

5. Mengkonsumsi 30 Gram Protein

Berdasarkan seorang professor ahli gizi di University of Illinois, Donal Layman, merekomendasikan setidaknya tidak kurang dan tidak lebih dari 30 gram asupan protein pada menu sarapan anda di pagi hari. Karena asupan protein yang cukup mampu bertahan lama menjaga stamina anda dan juga menyeimbangkan gula darah anda.

Dan satu lagi, seorang penulis ternama Tim Ferris menuliskan dibukunya yang berjudul "The 4-Hour Body" juga merekomendasikan 30 gram asupan protein sebelum berangkat kerja atau melakukan rutinitas pokok anda karena itu mampu membuat anda lebih konsen dan juga dapat manjaga tubuh anda dari obesitas.

Mengkonsumsi 30 Gram Protein di Pagi Hari

Tim, dibukunya juga memberikan 4 rekomendasi untuk asupan protein pada menu sarapan di pagi hari.  yaitu :
  • Setidaknya 40% dari jenis menu sarapan di pagi hari mengandung protein
  • Makanlah 2 atau 3 telur (setiap telur mengandung 6 gram protein)
  • Jika tidak suka telur, bisa digantikan dengan sosis, daging sapi atau roti yang dipadukan dengan keju (karena keju memiliki banyak protein setara daging)
  • Minum jus buah yang mengandung banyak protein seperti apel, pisang, jambu dan lainnya.
Intinya pada penjelasan asupan protein diatas sebagai sumber stamina anda sebelum memulai rutinitas pokok anda dan yang pasti hidup anda menjadi sehat dan bugar.

6. Mendengarkan atau Membaca Berita/Informasi Terupdate

Orang biasa pada umumnya di pagi hari adalan menonton hiburan entertainment sedangkan orang - orang yang sukses lebih memilih hal yang edukatif dan pembelajaran sebagai bahan bacaan di pagi hari dan secara konstan mempelajarinya.

Membaca Informasi Di Pagi Hari

Membaca dan menyerap berita terupdate setidaknya 15 menit s/d 30 menit dengan dipadukan segelas kopi hangat dan teh di pagi hari mampu membuat performa seseorang di level yang tertinggi. Anda akan menjadi seseorang yang mempunyai wawasan yang luas dan pandangan dunia anda akan lebih komplex.


7. Tinjauan Visi Hidup

Meninjau kembali visi hidup adalah hal penting untuk tercapainya visi tersebut. Tujuan atau visi dekat dan panjang sebaiknya tertulis di buku visi atau diari anda, Sehingga setidaknya anda membaca sebentar kembali visi anda setiap pagi hari sebelum berangkat bekerja sebagi pengingat

Tinjauan Visi Hidup Di Pagi Hari

Aspek yang mendasar apabila anda menulis dan meninjau kembali tentang visi hidup anda yang belum tercapai adalah akan membuat anda lebih bersemangat untuk menjalani hari-hari dan dapat membuat waktu anda menjadi sangat berharga.

8. Setidaknya Satu Hal Tentang Keinginan Untuk Masa Depan

Saya yakin anda pasti sering mendengar pribahasa inggris "Where is a will, there is a way", dan mungkin sudah sangat paham dengan kata itu yang bermaksud dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Berdasarkan pribahasa diatas saya paparkan kembali, buatlah list atau daftar keinginan anda untuk esok hari dan simpan di tempat yang mana anda sering lihat seperti dijadikan walpaper handphone atau anda tempel di halaman pertama diari anda.

Segala kemauan apabila kita sungguh - sungguh pasti akan terwujud dan itulah pentingnya list atau daftar keinginan anda tercantumkan sebagai pengingat.

Masa depan di Pagi Hari

Jika menurut anda terlalu dini untuk menuliskan list keinginan anda di pagi hari, maka anda bisa membuatnya menjelang anda mau tidur saat malam hari.

Lakukanlah step by step untuk mengejar keinginan anda dan ingat jangan teralalu ambisius sehingga anda tidak dapat mengontrol diri anda. Walaupun belum tercapai lakukanlah di hari besok dan seterusnya.

Itulah 8 tips dari saya tentang membuat hidup menjadi lebih baik dengan bermulai di pagi hari sebagai hal dasar dimana semua manusia memulai kegiatan duniawinya di waktu itu.

Semua penjelasan diatas saya ambil berdasarkan berbagai sumber dan pengalaman saya.

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu, jika ada kritik dan saran membangun, saya sangat senang dan menerima masukan dari anda semua. Maka dari itu silahkan berkomentarlah sesuai topik di atas dengan bijak.

Selamat Berusaha!

Bagikan

Jangan lewatkan

Mau Hidupmu Lebih Baik? Jadikanlah 8 Hal ini Kebiasaanmu Di Pagi Hari
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Facebook Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>