Wednesday, February 17, 2016

Contoh Cara Mudah dan Cepat Membuat Daftar Isi Makalah Proposal dan Skripsi

Contoh Daftar Isi - membuat daftar isi memang gampang, namun masih banyak sekali yang belum mengetahui cara membuatnya dengan cepat dan mudah. Karena selain mempersingkat waktu juga tidak akan di pusingkan dengan hal tersebut.

Baik, berdasarkan dengan di atas, kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara membuat daftar isi secara cepat dan simpel berikut dengan contohnya. Tapi sebelumnya saya akan jelaskan secara singkat apa itu daftar isi dan seberapa penting kah daftar isi itu?

daftar isi gudang365.blogspot.com\

Pengertian daftar isi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah halaman pada buku atau karya ilmiah seperti proposal, makalah, skripsi dan lainnya yang menjadi petunjuk isi dari buku / karya ilmiah tersebut.

Jadi secara garis besarnya, daftar isi dapat di artikan sebagai sebuah bentuk pengorganisasian dari keseluruhan isi buku atau karya ilmiah yang mana akan menjadikan petunjuk tentang halaman dari setiap konten yang ada pada buku / karya ilmiah seperti kata pengantar, judul bab, subab, dan lainnya.

Selanjutnya, merujuk pada pertanyaan di atas tentang seberapa penting daftar isi pada sebuah buku atau karya ilmiah, bisa di katakan sangat penting keberadaannya karena itu lah sebagai titik dimana selain menjadi petunjuk juga berfungsi sebagai informasi tentang isi - isi yang ada pada buku atau karya ilmiah tersebut secara singkat.

Itulah sedikit pemahaman tentang pengertian dan fungsi dari daftar isi. namun apabila masih kurang jelas, anda bisa melihat di postingan saya yang lain tentang Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Baik selanjutnya, langsung kebagian cara pembuatannya di bawah ini.

Cara Mudah dan Cepat Membuat Daftar Isi

Berikut adalah langkah -langkah cara pembuatan daftar isi pada karya ilmiah seperti skripsi, makalah, proposal, laporan dan karya ilmiah lainnya. Mohon di simak baik - baik agar tidak terjadi keslahan.

Langkah Pertama

Buka aplikasi atau software Ms Word 2007 / 2010 / 2013 / 2016 di komputer anda. selanjutnya atur dulu lembar halamannya, untuk karya ilmiah seperti skripsi, proposal atau makalah bisa lihat gambar di bawah ini.

Langkah cara pembuatan daftar isi

Top = 4 cm , Bottom = 3 Cm, Left = 3 Cm, dan Right = 3 Cm
Catatan:
Aktifkan "Ruler" semacam penggaris yang ada di setiap sisi halaman pada Ms Word seperti gambar diatas, agar memudahkan untuk pembuatannya. Cara nya Klik View > Ceklis/Centang Ruler namun jika ruler sudah aktif anda bisa langsung ke langkah selanjutnya.

Langkah Kedua

Buat sebuah sebuah pembatas pada Ruler dengan jarak 1 cm dari arah sebelah kanan caranya klik pada angka yang tertera di Ruler maka akan muncul tanda seperti huruf "L" contohnya anda bisa lihat lingkaran merah ke 1 pada gambar di bawah. Selanjutnya klik 2 kali pada tanda huruf "L" tersebut maka akan muncul kotak box seperti pada gambar di bawah, lalu pada menu leader yang telah saya lingkari pilih angka ( 2...... ) setelah itu klik OK / Enter.

Langkah cara cepat membuat daftar isi

Catatan :
Mungkin pada beberapa Ms Word angka pada Ruler berbeda - beda api intinya penempatan tanda yang seperti huruf L tadi tidak boleh sejajar dengan pembatas margin.

Langkah Ketiga 

Mulai mengetik daftar isi seperti kata pengantar, sesudah mengetik kata pengantar lalu menekan spasi 1 kali, setelah itu tekan tombol "TAB" pada keyboard komputer anda. Maka hasilnya akan muncul garis titik pas di jajaran sesuai tanda seperti huruf "L" yang tadi di buat. Lalu anda masukan nomor halamannya setelah itu Enter. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah cara cepat membuat daftar isi

Catatan :
Apabila tanda huruf "L" menghilang sehingga garis titik - titik tidak muncul, anda bisa ulangi langkah pertama tanpa harus mengahapus yang sudah anda ketik.


Langkah Keempat

Pada langkah ini hanyalah penambahan saja. Anda bisa menambahkan sub - sub judul pada daftar seperti pada gambar di bawah ini, caranya anda cukup memblok sub judul nya lalu tekan Mutilevel List pada toolbar Ms Word anda, lalu pilih jenisnya sesuai dengan yang anda butuhkan.

Langkah cara cepat membuat daftar isi


Kurang lebih seperti itulah cara mudah dan cepat membuat daftar isi buku / karya ilmiah yang baik dan benar. Apabila anda masih bingung dengan cara di atas dan perlu referensi contohnya, berikut ini saya akan bagikan, yaitu:

Contoh Daftar Isi yang Baik dan Benar

DAFTAR ISI

Bagikan

Jangan lewatkan

Contoh Cara Mudah dan Cepat Membuat Daftar Isi Makalah Proposal dan Skripsi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Facebook Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>