Wednesday, February 24, 2016

Lagi Rame Job Expo / Job Fair, Coba Tips dan Trik ini Supaya Berhasil

Berawal dari makin banyak nya para pelamar kerja, sehingga berdampak seringnya Job Expo / Job Fair di adakan oleh para EO hingga para mahasiswa di universitas sebagai sarana mempertemukan perusahaan dengan para calon - calon karyawannya. Para pelamar kerja bisa lebih leluasa untuk memasukan surat lamran kerja dan langsung bertanya - tanya pada pihak perusahaan.

Tujuan dari di selenggarakannya Job Expo / Job Fair itu sendiri, tentunya semakin memudahkan para pencari kerja untuk melamar ke banyak perusahaan sekaligus. Dengan demikian dapat menghemat waktu dan uang tanpa harus mengirim surat lamaran kerja ke tiap lokasi perusahaan tersebut.

Tapi bagi kamu yang pertama kali menghadiri Job Expo / Job Fair mungkin terasa bingung untuk persiapan apa saja ketika akan menghadiri acara tersebut. Maka tidak ada salahnya mencoba tips berikut ini ketika akan menghadiri acara tersebut, sehingga tidak akan terasa percuma dan sia - sia.

Tips dan Trik Melamar Kerja Di Job Expo / Job Fair




1. Mencari Informasi

Mencari informasi kapan dan dimana di selenggarakannya Job Expo / Job Fair tersebut. Untuk mendapatkan seputar jadwal penyelenggaraan Job Expo / Job Fair, kamu bisa mencarinya di iklan - iklan di televisi, koran, majalah atau melalui internet.

Selain itu, dengan mencari informasi tentang iklan Job Expo / Job Fair tersebut, kamu bisa mengetahui perusahaan mana saja yang ada pada acara tersebut. Sehingga kamu bisa mempersiapkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang akan kamu kirimi surat lamaran kerja tersebut.

2. Mempersiapkan Segala Keperluan Melamar Kerja

Ini yang terpenting, kalau mau sekolah pastinya mempersikan buku dan pensil untuk belajar, begitupun untuk melamar pekerjaan, yaitu mempersiapkan segala keperluan melamar kerja seperti surat lamaran kerja yang komplit sesuai ketentuan yang di perlukan perusahaan seperti terdapat CV, Ijazah, pass foto dan lainnya.

Namun perlu di ingat hindari pembuatan surat lamaran kerja yang terkesan copy/paste yang sering umum kamu lihat. Belajarlah membuat surat lamaran kerja yang di buat dari hasil jarih payahmu sendiri sehingga dapat menarik minat perusahaan yang kamu lamar. Contohnya seperti ini, coba kamu bayangkan berapa banyak surat lamaran kerja yang masuk di perusahaan tersebut? Banyak bukan?

Meskipun tidak dibaca secara rinci oleh pihak HRD perusahaan, setidaknya mereka akan mengetahui struktur penulisan dan penempatan kalimat pada surat lamaran kerja kamu. Mana yang plagiat atau mengkopi dan mana yang beda dari yang lain.

Jika kamu bingung bagaimana membuat surat lamaran kerja yang dapat menarik minat perusahaan, kamu bisa lihat dan baca di artikel Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Minat Perusahaan. Disana dijelaskan langkah langkah membuat surat lamaran kerja dari nol secara rinci.

Jadi usahakanlah untuk tidak selalu mengkopi surat lamaran kerja orang lain, buatlah beberapa perbedaan pada struktur penulisan dan penggunaan kata dan kalimat dengan bahasa kamu sendiri tapi tetap tidak meninggalkan nilai resmi dan kesopanannya

3. Persiapan Jikalau Langsung Diwawancarai

Salah satu kelebihan dari di adakannya Job Expo / Job fair terkadang ada beberapa perusahaan yang langsung mewawancarai pelamarnya. So, kamu perlu persiapan khusus untuk menjawab setiap pertanyaan yang akan di lontarkan oleh pihak perusahaan yang kamu lamar.

Lalu apa saja pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pihak perusahaan ketika mewawancarai pelamarnya?

Beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan biasanya tentang ketertarikan kamu melamar bidang atau posisi tersebut, pengetahuan yang kamu ketahui tentang perusahaan tersebut, dan jenis keahlian kamu di dalam bidang / posisi yang kamu lamar. Jadi beberapa hari sebelumnya kamu cari informasi tentang perusahaan tersebut di websitenya atau jika ada teman kamu yang bekerja di perusahaan tersebut, kamu bisa menanyakannya.

Sebagai bahan referensi agar berhasil saat interview kerja, kamu bisa memcan artikel 5 Tips Ketika Panggilan Interview Kerja. Di artikel tersebut di kupas tentang seputar tips ketika sedang interview kerja oleh HRD perusahaan.

Jika memang pada akhirnya tidak ada wawancara pada acara Job Expo / Job fair tersebut, kamu bisa masukan pada surat lamaran kerja kamu di paragraph pembuka.

Contohnya seperti di bawah ini.
Dengan Hormat,
Saya mengetahui PT Bank Mandiri (Persero) tbk. adalah merupakan bank yang telah memainkan peranan penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia dan menjadikan salah satu bank terbesar dan terkemuka di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Saya mencari informasi tentang lowongan pekerjaan di PT Bank Mandiri (Persero) tbk. dari rekan saya yang lulus tahun lalu dan dari sebuah situs web www.bursakerjadepnaker.com . Saya yakin dengan bergabung di PT Bank Mandiri (Persero) tbk. Cabang Kota Tasikmalaya adalah kesempatan karir terbaik bagi saya.
Dari contoh di atas yang diblok, kamu bisa mengaplikasikannya pada surat lamaran kerja tentang peranan atau ulasan tentang perusahaan yang kamu lamar. Tidak perlu panjang - panjang, singkat serta padat dan usahakan menggunakan bahasa kamu sendiri, sehingga tidak terkesan mengcopy.

4. Membawa Perlengkapan Pendukung

Seperti yang di ketahui, di dalam acara Job Expo / Job Fair tidak selamanya menerima surat lamaran kerja berbentuk berkas langsung, terkadang juga menggunakan media seperti PC, laptop dan internet. Jadi perlengkapan pendukung itu sendiri terbilang cukup penting sebagai sarana memudahkan kamu ketika menghadiri Job Expo / Job Fair.

Beberapa perlengkapan seperti pulpen untuk mengisi formulir, Flash Disk untuk mengcopy file Surat Lamaran Kerja kamu, dan laptop untuk mendaftar / mengirimkan lewat internet jika terjadi antrian yang banyak dari para pelamar kerja yang mendaftar.

5.Persiapakan Fisik dan Mental

Persiapan fisik dan mental tak kalah penting dalam menghadiri Job Expo / Job Fair, seperti kurang tidur atau tidak sarapan sebelum kamu berangkat akan membuat fisik kurang fit dan mental kamu akan down,

Selain itu juga dengan mempersiapkan fisik dan mental yang baik, kamu akan mempunyai mental yang tangguh dan akan terlihat sosok yang siap di tempatkan dalam kondisi apapun, juga akan terlihat seperti orang yang bisa di andalkan dalam bekerja.

Memang ini terlalu ribet dan belum tentu menghasilkan sesuai yang di inginkan, tapi tidak ada salahnya anda mencobanya. Contohnya seperti ini, seandainya kamu memiliki perusahaan yang membutuhkan karyawan, lalu ada yang melamar ke perusahaan kamu dengan wajah yang lesu dan terlihat tidak bisa dipercaya. Apakah kamu akan menerimanya menjadi karyawan kamu?

Tentu jawabannya tidak.

Begitupun dengan perusahaan - perusahaan yang membuka lowongan kerja, pastinya ingin mempunyai karyawan yang bisa di andalkan dan bisa di percaya dalam bekerja.
Oleh karena itu, Mulailah dan biasakan pola hidup yang lebih baik, seperti jangan tidur larut malam, sarapan di pagi hari atau membiasakan berolahraga.

Sehingga fisik dan mental kamu akan tetap terjaga dan mempunyai kredibilitas yang tinggi untuk berkarir di perusahaan tersebut.

6. Berpenampilan Menarik

Semua orang mempunyai ciri atau karakter masing - masing dalam berpenampilan, mau itu resmi ataupun tidak resmi.

Tapi, ketika mengahadiri suatu acara Job Expo / Job Fair usahakan untuk berpenampilan yang manarik, rapi dan tetap sopan agar kamu menjadi pusat perhatian ketika sedang memasukan surat lamaran kerja kamu.

Pada acara Job Expo / Job Fair seperti yang dijelaskan pada poin nomor 3 bahwa terkadang beberapa perusahaan secara langsung mewawancarai para pelamarnya di tempat oleh karena berpenampilan yang menarik juga mampu memberikan kesan yang baik sebagai calon karyawan yang bisa mempunyai wibawa dan bisa di andalkan.

7. Ramah Terhadap Peserta Lain.

Pada acara Job Expo / Job Fair memang banyak sekali peserta yang menghadiri dari puluhan, ratusan bahkan ribuan peserta menghadiri acara tersebut.

Meskipun dari semua peserta adalah sama seperti kamu sebagai pelamar, kamu juga harus bisa bersikap ramah kepada mereka. Karena selain memperbanyak teman, kedepannya juga akan menjadi feedback yang bagus buat kamu. Mereka akan senantiasa berbagi info lowongan kerja kepada kamu atau sekedar berbagi tips untuk mendapatkan pekerjaan.

Jadi ramah tamah terhadap peserta lain dan memperbanyak teman adalah peluang yang sangat bagus mendapatkan sebuah pekerjaan.


Dari berbagai tips di atas tentang Tips dan Trik Menghadiri Job Expo / Job Fair , kamu bisa coba dengan runut dan sabar. Karena pada dasarnya didunia ini tidak ada yang instan. So, berusaha dan berdoa adalah kunci terbaik untuk mencapai keberhasilan!


Bagikan

Jangan lewatkan

Lagi Rame Job Expo / Job Fair, Coba Tips dan Trik ini Supaya Berhasil
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Facebook Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>