Monday, February 29, 2016

Hati - Hati! Inilah 5 Pertanyaan Menjebak Interview Kerja

Tips Interview Kerja - Mendapatkan panggilan interview kerja merupakan hal yang di nanti - nanti oleh para pelamar kerja setlah menunggu sekian lama, baik itu via sms, via telpon atau via email. Namun perlu kamu ketahui bahwasannya interview kerja adalah hal yang paling menentukan di terima atau tidaknya oleh perusahaan.

Karena saat itulah para pelamar akan bertatap muka secara langsung dengan pihak HRD perusahaan, tak cuman 1 orang HRD saja, ada 2 atau 3 orang secara langsung yang akan menginterview pelamarnya.

Bahkan beberapa dari perusahaan menunjuk pewawancaranya yang berlatar belakang ilmuan psikolog. Maka perlu persiapan khusus untuk mendapat keberhasilan. Karena pada setiap jawaban yang kamu lontarkan akan berhubungan dengan kepribadian kamu.

Sebagai penambahan pada artikel Tips Ketika Ada Panggilan Interview Kerja yang telah di posting sebelumnya, disini saya akan mengulas tentang pertanyaan - pertanyaan yang biasa di lontarkan oleh pihak HRD perusahaan, terdengar sangat mudah di jawab justru dapat menjebak, bahkan mengakibatkan kamu failed.

Jadi apa saja pertanyaannya?

Tips Interview Kerja

Berikut adalah pertanyaan - pertanyaan mudah dari HRD perusahaan yang dapat menjebak:

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Anda bisa memulai menjawabnya dengan nama lengkap, asal, dan umur, lalu kalo mennyakan lagi tentang lulusan kamu. ya tinggal jawab saja apa adanya. Jikalau kamu pernah bekerja, ceritakan saja pengalaman kerja kamu secara singkat. Dan hindari menjelek - jelekan perusahaan yang sebelumnya kamu bekerja. Karena dapat merusak citra kamu sendiri. Ulasannya saja.

Pertanyaan tentang identitas memang mudah di jawab, tapi ingat jangan pernah panjang lebar, apalagi sampai menceritakan tentang hobi, makanan favorit atau yang lain sebagainya. Sebaiknya kamu menceritakan tentang penghargaan apa yang pernah kamu raih dan keahlian apa yang kamu kuasai sehingga dapat mendukung posisi pada perusahaan tersebut.


2. Apa Pendapat Anda Tentang Perusahaan Lama

Seperti yang di jelaskan pada poin ke satu, jangan pernah menjelekan perusahaan lama kamu seperti ada perseteruan di dalamnya atau membongkar rahasia perusahaan tersebut. Justru pertanyaan ini sangat menjebak. Meskipun perusahaan lama kamu emang jelek atau kurang bagus, kamu tetap harus menjaga nama perusahaan tersebut.

Kalo di kaji lebih dalam, maksud dari pertanyaan tentang pendapat perusahaan lama kepada kamu, Itu artinya sebagai pancingan saja. Apakah kamu bisa menjaga rahasia perusahaan atau tidak?

Maka dari itu, jadilah orang yang bisa membawa amanah dengan bisa menjaga nama baik perusahaan dan rahasianya, sehingga perusahaan tidak akan merasa takut beramanah jika kamu di terima jadi karyawannya.

3. Apakah Anda Tidak Overqualified

Overqualified adalah suatu keadaan dimana karyawan bekerja di luar keahliannya di perusahaan sebelumnya atau bahkan bekerja di bawah tekanan perusahaan. Jawaban dari pertanyaan ini sangatlah mudah namun ini mampu menjadi penentu pelamar akan diterima apa tidak.

Sebab itu pikirkan matang - matang jawaban atas pertanyaan tersebut. Berikan kesan jawaban yang bijaksana, tidak terlalu memojokan pihak lain dan sekali lagi tetap sederhana.

Perlu di ingat bahwa pihak perusaahaan ketika interview menyukai pelamar yang memiliki kesederhanaan dalam menjawab pertanyaan tapi bukan berarti merendahkan diri.


4.  Kenapa Anda Ingin Bekarir Disini

Setiap perusahaan ketika sesi interview pastinya tidak akan terlewatkan pertanyaan "kenapa ingin berkarir / bekerja disini?". Karena pada pertanyaan tersebut merupakan salah satu kunci dari semua pertanyaan yang ada saat interview.

Kunci keberhasilan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah kejujuran, kesungguhan, dan kepandaian dalam menjawab. Jangan banyak bertele - tele langsung saja to the point pada tujuan kamu ingin berkarir di perusahaan tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa menjawabnya seperti ini :
A: Kenapa anda ingin berkarir/bekerja disini ?
B: Karena di perusahaan ini memeliki potensi yang bagus dalam bidang programing, oleh karena itu jika saya diterima pada posisi tersebut di perusahaan ini adalah kesempatan karir terbaik untuk saya.  
Kamu boleh juga menambahkan sesuai diri pribadi kamu tapi jawaban untuk pertanyaan atas alasan bekarir / bekerja di perusahaan tersebut contoh jawaban di atas sudah sangat cukup.

Sebagai pengingat jangan pernah mencampur baurkan dengan jawaban karena upah atau tunjangannya gede, selain terkesan matrealistis juga di mata perusahaan akan menganggap kamu bekerja adalah hanya karena uang semata bukan untuk menjadi seseorang yang professional dan dapat menanggung amanah perusahaan.

5. Kenapa Anda Ingin Beralih Bidang Karir?

Pada pertanyaan no 5 ini sering di tanyakan kepada pelamar yang memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Hampir setiap perusahaan pasti akan menyakan hal tersebut. Oleh karena itu, usahakan kamu bisa menjawab dengan terbuka namun jangan terlalu terbuka sampai menerangkan karena gajihnya kecil atau kepala perusahaannya kasar/galak. Kamu cukup menjawab pertanyaan tentang alasan kenapa beralih bidang dengan menjelaskan jika kamu ingin lebih baik dari sebelumnya dan bisa meningkatkan karir kamu ke level lebih tinggi atau kamu bisa jawab perusahaan ini memiliki potensi yang baik untuk mencapai karir terbaik saya.

Dengan itu pihak perusahaan akan merasa penasaran atas keahlian yang kamu miliki dan pastinya kesempatan untuk menerima kamu berkarir di perusahaan tersebut akan terbuka lebar.



Kesimpulan dari semua pertanyaan menjebak di atas, pada dasarnya semua pertanyaan ketika interview kerja memiliki nilai atau bobot tertentu pada setiap jawaban dari si pelamarnya sendiri. Intinya perlu persiapan khusus, selalu bersikap bijaksana dan tegas dalam menjawab setiap pertanyaan. Jangan terlalu tergesa - gesa dalam menjawab santai dan berbobot, buang rasa grogi dan tetap percaya diri atas apa yang kamu miliki.

Bagikan

Jangan lewatkan

Hati - Hati! Inilah 5 Pertanyaan Menjebak Interview Kerja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Facebook Comment

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
November 18, 2018 at 8:36 PM

terimakasih infonya, kunjungi http://bit.ly/2PlDIdD

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>